SELAMAT DATANG DI BLOG ORANG ORANG NGENES ~~ SELAMAT DATANG DI BLOG ORANG ORANG NGENES

Selasa, 21 Mei 2013

Tips Belajar Yang Baik Untuk Ujian / ulangan

Belajar merupaan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar nihh,, Belajar pada umumnya dilakukan disekolah ketika jam pelajaran berlangsung dibimbing oleh guru pembimbing. Belajar yang baik juga dilakukan dirumah baik dengan maupun tanpa pr / pekerjaan rumah.

Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak baik. Nah,, kali ini ane bakal kasih tips belajar yang baik.

  • Belajar kelompok
belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar yang lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada dirumah sendiri sehingga dapat lebih santai. namun sebaiknya didampingi orang dewasa seperti kakak, paman, bibi, atau orangtua agar belajar tidak berubah menjadi bermain / ngerumpi.
  •  Rajin membuat catatan intisari pelajaran
 Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan dikertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca dimanapun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan bahan mencontek karena dapat merugikan kita sendiri ( kalo ketawan ).







  • Membuat Planing yang baik
 untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh perencaanan yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian niai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki ! jangan menargetkan yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar dikelas. Buat rencana belajar yang diproritaskan pada mata pelajaran yang lemah.

  • Disiplin dalam belajar
Apabia kita telah membuat jadwa belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya, seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main main dengan konsentrasi penuh.

  • Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru. Teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifart menguji orang yang kita tanya.
  •  Belajar Dengan Serius & Tekun
Ketika belajar dikelas dengarkan dan catat apa yang giri jelaskan. Catat hal yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada dibuku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban ( gak selamanya kunci jawaban bener kalo gak ada penjelasannya ) pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.
  • Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas adalah dengan belajar yg sering dilakukan oleh pelajar yg blm siap adalah dengan belajar sampai larut mallam. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tapat waktu karena jika begadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.
  • Jujur dalam mengerjakan ulangan Dalam ujian
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal atau ulangan. Mencontek dapat membuat sifat curang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar