SELAMAT DATANG DI BLOG ORANG ORANG NGENES ~~ SELAMAT DATANG DI BLOG ORANG ORANG NGENES

Rabu, 08 Mei 2013

Tips Menghindari Jerawat

Nih coy jerawat memang ngak bisa dipisahin dari kehidupan remaja. Bahkan diperkirakan juga tiga dari empat remaja memiliki sejumlah jerawat diwajahnya. Seringnya, jerawat menyerang kaum remaja yang sedang dalam masa pubertas ni gan !. Hal ini disebabkan perubahan hormon selama masa pubertas dapat merangsag kelenjar sebacea ( kelenjar penghasil minyak ) dikulit. Kelenjar sebacea mengeluarkan lemak yang disebut dengan sebum yang berfungsi melumasi rambut dan kulit. Selama masa pubertas, kelenjar menjadi lebih aktif dan menghasilkan minyak berlebihan makanya mukanya remaja-remaja zaman sekarang banyak yang jerawatan dan minyakan.. tapi jangan panik ane ada tips buat menghindari musuh yang namanya jerawat ini, simak yaa...



  • Pastikan faktor-faktor yang memperhebat timbulnya jerawat. Hindari bahan kosmetik yang berminyak atau beremak, tabir surya, produk pembentuk rambut atau penutup jerawat. Gunakan produk yang berlabel menggunakan dasar air atau nonkomedogenik.
  • Basuhlah bagian wajah yang bermasalah setiap hari dengan pembersih yang secara perlahan akan mengeringkan kulit menyebabkan fortikel-fortikel mengelupas.
  • Coba lotion jerawat yang dijual bebas ( mengandung bahan aktif benzoil peroksida, resorsinol atau asam salisilat ) untuk mengeringkan kelebihan minyak dan mempercepat pengelupasan.
  • Terkena paparan sinar matahari ringan dan menggunakan lampu matahari secara hati-hati mungkin bisa menolong. Namun terlampau banyak matahari dapat menyebabkan kerutan dan kanker kulit di kemudian hari.
  • Jaga agar rambut tetap bersih dan tidak menutupi wajah.
  • Amati apakah ada tanda-tanda penyebaran infeksi melewati pinggiran jerawat.
  • Kecuali jelas ada makanan tertentu yang memperhebat jerawat, tidak perlu berhenti mengkonsumsi suatu makanan, makanan tertentu seperti coklat yang pernah dianggap dapat menimbulkan jerawat, ternyata secara umum bukan biang keladinya.
  • Jangan menusuk atau memencet jerawat tindakan ini dapat menyebabkan infeksi atau menimbulkan bekas.
Umumnya ni guys jerawat bukanlah suatu keadaan medis yang serius. Jerawat pada kebanyakan kasus akhirnya akan lenyap dengan sendirinya. Namun jika anda mengalami jerawat yang menetap atau kista yang telah meradang, segeralah berkonsultasi dengan dermatologis ( dokter spesialis kulit ) untuk menghindari terjadinya noda bekas jerawat dan kerusakan kulit lebih lanjut.

Jerawat yang membandel harus diatasi segera. Prinsip pengobatan jerawat bekerja dengan cara mengurangi produksi minyak, mempercepat pergantian sel kulit, melawan infeksi bakteri, mengurangi peradangan atau merupakan kombinasi dari keseluruhannya.

Perlu diingat bahwa pengobatan jerawat tidak dapat dilakukan dengan instan. Hasil baru dapat terlihat dalam hitungan minggu, sehingga diperlukan kesabaran dalam mengatasi jerawat.

Dokter akan merekomendasikan obat resep yang digunakan di kulit ( topikal ) atau diminum ( oral ). Obat oral untuk jerawat sebaiknya tidak digunakan selama kehamilan, terutama sepanjang trimester pertama karena dapat berpengaruh terhadap janin.

Nah bray udah ngerti kan cara ngindarin jerawat dari muka kita yang halus sampe yang paling kasar, tapi kulit tiap2 orang itu beda sensifitasnya~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar